Tugas metode riset 2

Tugas Metode Riset 2
Review Jurnal 3


Judul : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen (Pasien) Terhadap Pelayanan Bagian Unit Bersalin di Rumah Sakit Bersalin Budhi Jaya.
Tema : Analisa Kepuasan Konsumen

Latar belakang :
Rumah Sakit adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dimana dalam menjalankan kegiatannya diperlukan tenaga kerja cukup banyak yang menguasai teknologi, alat-alat medis, pelayanan fasilitas dan sarana yang memadai, penyediaan makanan, peralatan serta sistem manajemen admistrasi yang terkoordinasi dengan baik, karena pelayanan dengan mutu atau kualitas yang terbaik akan dipilih oleh para konsumen, apalagi sebagai perusahaan perusahaan yang bergerak dibidang jasa tentunya peningkatan pelayanan merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan.
Semakin banyaknya ibu hamil yang memerlukan jasa persalinan , rumah sakit diharapkan dapat bersaing bagaimana caranya untuk dapat menarik konsumen, khususnya pasien. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjung rumah sakit, diharapkan dapat memberikan kepuasan dan jaminan untuk menggunakan pelayanan tersebut kembali pada saat diperlukan lagi, sehingga dapat membiayai dana operasional rumah sakit yang bersangkutan.
Di dalam penulisan ini penulis tertarik untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien, terutama kepada ibu-ibu hamil terhadap jasa pelayanan yang telah diberikan oleh pihak RSB Budhi Jaya.
Masalah :
Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah:
1) Bagaimana tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan pihak RSB. Budhi Jaya?
2) Faktor apa saja yang berpengaruh dalam tingkat kepuasan konsumen (pasien) terhadap pelayanan yang diberikan?
Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam penulisan ini penulis akan membatasi permasalahan pada tingkat kepuasan pasien Bagian Unit Bersalin terhadap pelayanan yang diberikan pihak RSB. Budhi Jaya.

METODOLOGI

Objek Penelitian
Objek dalam penulisan ini yaitu Pasien yang melakukan persalinan di Rumah Sakit Bersalin Budhi Jaya yang beralamat di Jalan Dr.Saharjo No:120 Jakarta Selatan.
Data dan Variabel Penelitian:
Sajian data atau variabel yang akan digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang berisi 20 pertanyaan yang terdiri dari lima atribut yaitu keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan berwujud. Dengan mengambil sample sebanyak 50 responden.
Metode Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data, penulis berusaha mendapatkan data yang sesuai dengan masalah yang akan diambil. Adapun yang menjadi sumber datanya adalah:
1) Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari rumah sakit.
2) Data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari buku-buku yang bersangkutan dengan keperluan penelitian dan juga menggunakan media elektronik seperti internet untuk melengkapi masalah yang akan diungkapkan dalam penulisan.
Hipotesis
Dengan berusaha untuk meningkatkan pengunjung yang datang, maka pihak perusahaan yang bergerak dibidang jasa harus dapat memperbaiki pelayanan yang diberikan.
Metode Penelitian (Alat Analisis yang Digunakan)
1) Skala Pengukuran
Di dalam penulisan ini penulis mengggunakan skala Likert, yaitu jenis skala yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian sikap, pendapat, dan persepsi sosial seseorang/kelompok. 2) Metode Analisis DataAlat analisis yang digunakan untuk menganalisis data penelitian ini adalah dengan menggunakan Chi Square. Chi Square adalah alat analisis untuk melihat variabel jenis pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen
Hasil Penelitian
Dengan menyebarkan kuesioner yang berisi 20 pertanyaan yang terdiri dari lima atribut yaitu keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan berwujud kepada 50 responden yang merupakan pasien yang melakukan proses persalinan pada RSB Budhi Jaya, maka dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut:
1) Analisis Keandalan
Keandalan adalah kemampuan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan secara terpercaya dan akurat.
a. Pelayanan pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan yang cepat dan akurat.
b. Penjelasan dari dokter
c. Ketepatan kedatangan dokter.

d. Prosedur penerimaan pasien yang cepat.

e. Prosedur pendaftaran sangat mudah.
2) Analisis Daya Tanggap
Daya tanggap adalah kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat.
a. Petugas informasi dalam memberikan informasi yang jelas

b. Tindakan cepat pada saat pasien membutuhkan pertolongan.

c. Kemampuan dokter dan perawat untuik cepat tanggap menyelesaikan keluhan pasien.
3) Analisis Kepastian
Kepastian adalah pengetahuan dan kesopanan karyawan serta kemampuan mereka untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan.
a. Pengetahuan dan kemampuan para dokter dalam mendiagnosa pasien.

b. Pelayanan yang sopan dan ramah

c. Ketrampilan para dokter, perawat dan petugas lainnya dalam bekerja.
4) Analisis Empati
Empati adalah kesediaan untuk peduli, memberi perhatian pribadi kepada pelanggan.
a. Sikap dan perhatian perawat pada pasien.
b. Sikap dan perhatian dokter terhadap pasien

c. Pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang status sosial.
5) Analisis Berwujud
Berwujud adalah penampilan fasilitas fisik, peralatan, tugas, dan materi komunikasi.
a. Kerapihan dan kebersihan penampilan petugas.
b. Kelengkapan dan kebersihan alat-alat yang dipakai.
c. Kebersihan kamar perawatan dan kamar mandi
.d. Kenyamanan ruangan perawatan (seperti ber-AC)
e. Kebersihan dan kenyaman ruan lobi.
f. Penataan eksterior dan interior ruangan.



Hasil dan Kesimpulan :
Rumah sakit Bersalin Budhi jaya telah melakukan pelayanan cukup baik sehingga konsumen atau pasien bisa merasa puas oleh pelayanan jasa yang di berikan oleh RS Budhi jaya.
Saran :
Kinerja pelayan yang di berikan sudah baik maka di harapkan seluruh pegawai rumah sakit tetap mempertahankan kinerja nya tersebut agar para pasien atau konsumen selalu puas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment