Tugas Metode Riset 6
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
Analisis Karakteristik Responden
Hasil kuisioner terhadap 5 responden menunjukkan bahwa
- Jenis KelaminTabel 1
- Jenis KelaminFrekuensiPersentasePria356.67Wanita243,33Total5100
Berdasarkan tabel satu dapat dilihat bahwa pengguna warnet laki-laki sebanyak 56,67 % responden sedangkan jumlah pengguna wanita sebanyak 43,33 %
- UsiaTabel 2
- UsiaFrekuensiPersentaseKurang dari 21 tahun243,3321-30 tahun15531- 40 tahun21,67Total5100
Berdasarkan tabel dua dapat dilihat bahwa usia pennguna warnet terbanyak adalah 21-30 tahun sebanyak 55 % responden diikuti dengan kurang dari 21 tahun sebanyak 43,33%, sedangkan yang berumur lebih dari 30 tahun relatif kecil sekali yaitu sebanyak 1,67%.
- PekerjaanTabel 3
- PekerjaanFrekuensiPersentasePelajar385Karyawan215Total5100
Dari hasil pengolahan data dapat dilihat bahwa hampir seluruh pengguna warnet mempunyai pekerjaan sebagai pelajar yaitu sebesar 85% responden, dan sisanya adalah karyawan sebanyak 15%.- Lama di warnetTabel 4
- Lama di warnetFrekuensiPersentaseKurang dari 12 jam151,6713-18 jam330Lebih dari 18 jam118,33Total5100
Berdasarkan tabel 4 dapt dilihat bahwa tingkat penggunaan warnet masih minin yaitu sebanyak 51,67% responden hanya menggunakan warnet kurang dari 12 jam, diikuti dengan penggunaan sebanyak 13-18 jam sebanyak 30% dan penggunaan lebih dari 18 jam sebanyak 18,33%.
- Banyak warnet yang dikunjungiTabel 5Banyak warnetFrekuensiPersentase1 warnet151,672 warnet1303 warnet111,674 warnet13,335 warnet13,33Total5100Berdasarkan tabel 5 terlihat adanya kecenderungan bahwa sebagian besar pengguna warnet mencapai 81,67% menyukai penggunaan warnet tertentu dan menjadi pelanggan.
Analisis Hasil FaktorDari hasil survey terhadap lima responden, didapatkan data-data hasil kuisioner sebagai berikut :
- Faktor LokasiTabelLokasi 1
- KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju03,33Cukup setuju121,43Setuju346,67Sangat setuju140Total5100
TabelLokasi II- KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju03,33Cukup setuju08,33Setuju233,33Sangat setuju355Total5100
Berdasarkan tabel lokasi 1 dan tabel lokasi 2 maka dapat dilihat bahwa faktor lokasi mempengaruhi kepuasan konsumen dengan jumlah rata-rata yang menjawab sangat setuju sebanyak 47,5% dan jumlah rata-rata yang menjawab setuju sebanyak 40%. Besar kemungkinan bahwa pengaruh lokasi tersebut disebabkan karena kedekatan letaknya atau kemudahan mencapainya.
- Faktor harga pemakaian warnet
TabelHarga 1- KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju05Cukup setuju21,67Setuju136,67Sangat setuju256,67Total5100
TabelHarga 2- KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju15Cukup setuju01,67Setuju318,33Sangat setuju175Total5100
Dari kedua tabel tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor harga mempengaruhi kepuasan konsumen dengan jumlah rata-rata yang menjawab sangat setuju sebanyak 55,88% dan jumlah rata-rata yang menjawab setuju sebanyak 27,5%.
- Faktor fasilitas warnetTabelFasilitas 1
- KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju01,67Cukup setuju11,67Setuju116,67Sangat setuju380Total5100
TabelFasilitas 2- KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju01,67Cukup setuju10Setuju120Sangat setuju378,33Total5100
Berdasarkan tabel fasilitas 1 dan fasilitas 2 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor fasilitas warnet menentukan kepuasan konsumen dengan rata-rta yang menjawab sangat setuju sebanyak 59,2% dan rata-rata yang menjawab setuju sebanyak 18,3%.
- Faktor kecepatan akses internetTabel
Kecepatan 1KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju00Cukup setuju25Setuju220Sangat setuju175Total5100TabelKecepatan 2KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju00Cukup setuju15Setuju225Sangat setuju270Total5100
Berdasarkan table kecepatan 1 dan kecepatan 2 maka dapat dilihat bahwa factor kecepatan akses internet memberikan pengaruh kepads kepuasan konsumen dengan rata-rata yang menjawab sangat setuju sebanyak 52,5% dan rata-rata yang menjawab setuju sebanyak 22,5%.v Faktor suasana warnetTabelSuasana 1KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju00Cukup setuju15Setuju136,67Sangat setuju358,33Total5100TabelSuasana 2KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju11,67Cukup setuju23,33Setuju136,67Sangat setuju158,33Total5100
Berdasarkan tabel suasana 1 dan suasana 2 maka dapat dilihat bahwa factor suasana mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan rata-rata yang menjawab sangat setuju sebanyak 58,3% dan rata-rata yang menjawab setuju sebanyak 26,7%.
v Faktor pelayananTabelPelayanan 1Keterangan Frekuensi Persentase Sangat tidak setuju 0 0 Tidak setuju 0 0 Cukup setuju 3 6,67 Setuju 1 38,33 Sangat setuju 1 55 Total 5 100 TabelPelayanan 2KeteranganFrekuensiPersentaseSangat tidak setuju00Tidak setuju00Cukup setuju26,67Setuju136,67Sangat setuju256,67Total5100
Berdasarkan tabel pelayanan 1 dan pelayanan 2 maka dapat dilihat bahwa factor pelayanan juga memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan rata-rata yang menjawab sangat setuju sebanyak 45,8% dan rata-rata yang menjawab setuju sebanyak 17,5%.
sumber : http://winarti135.blogspot.com/2011/01/bab-iv.html
0 comments:
Post a Comment